Sabtu, 05 November 2016

PROGRAM PHBS DI SDN 2 DAN 3 TARUMAN KLAMBU

Klambu 4 November 2016 PMR Unit MA YPI Klambu mengadakan kegiatan gerakan cinta lingkungan dan gerakan Cuci tangan melalui program (PHBS) di sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan 97 peserta didik dari SDN 2 dan 3 Taruman dan 30 anggota PMR MA YPI Klambu. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan mengenai pentingnya melakukan PHBS di sekolah kususnya siswa dan siswi SD. Pada sela2 kegiatan, Asmiyatun anggota PMR menyampaikan materi tentang pentingnya melakukan PHBS di sekolah yang dibantu oleh anggota PMR lainnya. Setelah season materi siswa diajak untuk mencari dan mengumpulkan sampah yang ada di sekitar halaman sekolah sekaligus memilah jenis sampah yaitu Sampah Organik dan Sampah Anorganik. Sampah yang sudah terkumpul tersebut kemudian dibuang di bak sampah sedangkan kusus sampah Anorganik langsung dibakar pada tong pembakaran.
Setelah kegiatan Bersih lingkungan selesai siswa diajak untuk mencuci tangan dengan teknik yang baik dan benar. Kegiatan cuci tangan tersebut dipandu langsung oleh semua anggota PMR MA YPI Klambu dan diikuti oleh semua siswa.
Semua siswa siswi yang hadir merasa sangat senang dan antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan jarang sekali ada kegiatan penyuluhan tentang kesehatan yang datang ke tempat tersebut.
Kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan yang dilakukan selama dua bulan atau delapan kali pertemuan yang dilaksanakan setiap hari Jumat pkl 13.00-16.00wib dengan materi yang berbeda beda. Dan kegiatan PHBS ini merupakan kegiatan pertemuan ke-4 dimana pertemuan 1-3 telah di isi dengan materi pengenalan Pertolongan Pertama, Perlengkapan kotak PP, Permainan besar, UKS, dan Kepemimpinan.
Diakhir kegiatan siswa siswi diminta untuk mengaplikasikan kegiatan PHBS di rumah agar kesehatan anggota keluarga dapat selalu terjaga serta hadir kembali dipertemuan yang akan datang dengan materi Tanaman obat keluarga, kemudian siswa diminta untuk berdoa dan dilanjutkan bersalaman.
Cc.Asmiyatun

Tidak ada komentar :