Laman

Selasa, 15 Oktober 2019

MELALUI KEGIATAN JUMBARA, ANGGOTA PMR DITUNTUT MAMPU MEMPROMOSIKAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT


Jangkungharjo – Sebanyak 70 anggota Palang Merah Remaja (PMR) mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik remaja. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2019 di lokasi tenda BPBD yang berada di area kegiatan Jumbara PMR. Pelatihan jurnalistik tersebut diisi langsung oleh kak Zulkifli yang merupakan salahsatu wartawan suara merdeka. Tujuan pelatihan jurnalistik tersebut adalah agar anggota PMR dapat secara bijak menggunakan media social dengan baik seperti memanfaatkan internet untuk kegiatan promosi kesehatan kepada masyarakat umum.
Pelatihan tersebut terasa sangat menyenangkan karena diramu dalam suasana diskusi yang sangat menarik. Peserta yang mengikuti kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota kelompok terdiri atas empat anggota PMR Wira, tiga anggota PMR Madya dan satu anggota PMR Mula. Pembentukan kelompok tersebut sebagai salahsatu proses penerapan Tri Bhakti PMR dan praktik kepemimpinan dalam menejemen kelompok.
Selama proses pelatihan pada hari pertama banyak pertanyaan yang diutarakan oleh peserta kegiatan salahsatunya tentang bagaimana menyusun berita agar materi yang dimuat dapat terlihat menarik oleh para pembaca. Setelah pelatihan tersebut peserta pelatihan diberikan tugas untuk membuat liputan tentang kegiatan Jumbara seperti pembuatan mading promosi kesehatan yang dibuat oleh para peserta Jumbara. Setelah melakukan peliputan peserta kegiatan menyusun berita yang ingin dibuat dan harus dimuat melalui berbagai media seperti Instagram, Facebook, Blog, Web, dan berbagai media lainnya. Berita yang telah dibuat tersebut kemudian dikumpulkan kepada panitia kegiatan dan dilanjutkan evaluasi proses.
Memasuki  hari kedua kegiatan jumbara Palang Merah Remaja (PMR) ke VI Kabupaten Grobogan, peserta melanjutkan kegiatan diskusi jurnalistik serta melakukan liputan tentang pembuatan mading promosi kesehatan oleh anggota PMR yang berada di masing-masing tenda peserta Jumbara. Mading promkes tersebut dijadikan sebagai bahan dalam penugasan peserta Jumbara dengan tujuan mempromosikan kegiatan PHBS dimasyarakat dan sebagai salahsatu bagian dari pengamalan Tri Bhakti PMR.
Anggota PMR harus mulai ikut andil dalam menyukseskan program-program pemerintah utamanya terkait target keluarga sehat dan sejahtera. Melalui pelatihan jurnalistik ini diharapkan semua anggota PMR dapat berperan aktif dalam pembuatan berita tentang kesehatan sehingga dapat dijadikan sebagai sarana pemberian informasi kepada masyarakat tentang bagaimana penerapan PHBS baik yang dilakukan di rumah, tempat kerja, maupun di lingkungan lainnya. Setelah melakukan liputan tentang pembuatan promosi kesehatan oleh anggota PMR peserta pelatihan diberikan tugas untuk membuat berita untuk unggah di beberapa media sosial. (Penulis: Mahfidz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar