Kamis, 02 November 2017

PMR MA YPI KLAMBU GELAR KEGIATAN DONOR DARAH RUTIN

KLAMBU- PMR MA YPI lambu menggelar aksi donor darah rutin pada hari Kamis, 2 Nopember 2017 di MA YPI Klambu. Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerjasama antara pihak Madrasah dengan Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Grobogan.
Zulfatun Nikmah selaku ketua panitia aksi donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh PMR MA YPI Klambu setiap 3 bulan sekali  yang diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan YPI Klambu.
"Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial YPI Klambu kepada sesama dan diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan," urainya.
Dalam acara yang diselenggarakan oleh PMR MA YPI Klambu yang bekerja sama dengan UTD PMI Grobogan ini setidaknya lebih dari 50 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya namun yang berhasil lolos pemeriksaan untuk ikut donor darah adalah 40 pendaftar. Para peserta terdiri dari siswa siswi MA YPI Klambu, Masyarakat Desa Klambu, Santri pondok pesantren diwilayah klambu.
"Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat," jelas petugas UTD PMI Kabupaten Grobogan.
Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari sivitas YPI Klambu Salah satunya Bapak Ahmad Kasan Manuri, salahsatu guru di MA YPI Klambu yang rutin melakukan donor darah setiap 2 bulan sekali. Ia mengaku telah mendonorkan darahnya lebih dari 7 kali sejak UTD PMI bekerja sama dengan YPI Klambu. Ahmad Kasan Manuri rutin melakukan donor darah karena merasa prihatin tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat yang sulit mendapatkan donor darah. "Semoga dari donor darah ini bisa membantu bagi yang membutuhkan," harap Kasan.
Pernyataan senada disampaikan Pandu, siswa jurusan XII IPS yang baru tiga kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain. Tepat pada pukul 13.00 kegiatan donor darah resmi ditutup dan mendapatkan hasil 8 kantong golongan darah A, 15 katong golongan darah B, 14 kantong golongan darah O, dan 3 kantong golongan darah AB. (Humas: Rika)

Tidak ada komentar :