Laman

Jumat, 18 Oktober 2019

MA YPI KLAMBU MENDOMINASI PEROLEHAN KEJUARAN PADA AJANG JUMBARA PMR KE-VI KABUPATEN GROBOGAN




Jangkungharjo- Palang Merah Remaja Unit MA YPI Klambu mendominasi hasil kejuaraan pada kegiatan Jumbara PMR ke-VI yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan pada tanggal 14-17 Oktober 2019 di Desa Jangkungharjo Kecamatan Brati. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari yang diikuti oleh sekitar 70 kontingen yang terdiri dari 11 kontingen PMR Mula, 31 kontingen PMR Madya dan 28 kontingen PMR Wira. 

Kegiatan Jumbara PMR ke-VI dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Dr. Ir. Moh Sumarsono, M.Si. Dalam sambutannya beliau menegaskan, jumbara tersebut merupakan kegiatan pembentukkan karakter dan kepribadian para peserta. Oleh sebab itu, ia meminta para peserta jumbara agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan disiplin dan penuh tanggungjawab karena semuanya akan bermanfaat bagi mereka sendiri maupun orang lain.
“Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah membangun sumberdaya manusia (SDM). Kegiatan jumbara ini menjadi salah satu wadah untuk membangun SDM yang terampil dan berpengetahuan dalam bidang kepalangmerahan,” ujarnya.
Soemarsono mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan. Selain membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, PMI juga memiliki tugas memberi pertolongan pada korban kecelakaan. Dalam melaksanakan tugas, PMI selalu mengedepankan tujuh prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah. Yakni, Kemanusian, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.
Terdapat berbagai kegiatan yang diikuti oleh anggota PMR seperti kegiatan perlombaan dan kegiatan partisipan. Kegiatan yang dilombakan terdiri dari Youth Station, Jurnalistik Remaja, Kreasi Remaja, Desiminator Cilik, Aksi Cepat Tepat, Peta BKRK, Mading Promosi Kesehatan, PMR Favorit, Edutaiment, Karnaval, dan Wahana Kepalangmerahan. Adapun kegiatan partisipan terdiri dari Bhakti Masyarakat, Workshop Sekolah Siaga Bencana, Lokakarya Pembina, Konferensi PMR, Olahraga Persahabatan, dan Anjangsana.

Berdasarkan hasil penilaian kontingen PMR Unit MA YPI Klambu berhasil menjadi Juara Umum ditingkat Wira karena mendominasi perolehan kejuaraan yakni mendapatkan 4 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Hasil yang diperoleh tersebut meliputi:
  1.       Juara I Mading Promosi Kesehatan dengan total Nilai 93,50
  2.       Juara I Youth Station dengan total Nilai 88,92
  3.       Juara I Edutainment dengan total Nilai 97,90
  4.       Juara I Wahana Kepalangmerahan dengan total Nilai 82,68
  5.       Juara II Jurnalistik dengan total Nilai 76,00
  6.       Juara II Desiminator Cilik dengan total Nilai 97,75
  7.       Juara II PMR Teladan dengan total Nilai 91,00
  8.       Juara III Peta BKRK Overlay dengan total Nilai 71,50
  9.       Harapan I Aksi Cepat Tepat dengan total Nilai 36,2


Pembina PMR MA YPI Klambu Nely Muna menjelaskan hasil yang diperoleh kontingennya merupakan sebuah kebanggaan yang luarbiasa, “ hasil ini sangat membanggakan bagi kami, pesiapan demi persiapan selama kurang lebih 2 minggu kami jalankan untuk memenuhi target yang ingin kami capai. Alhamdulillah hingga berahirnya kegiata jumbara PMR ini, kontingen kami bisa mendominasi kejuaraan dan berhasil menjadi Juara Umum Jumbara PMR tahun 2019”. Hasil tersebut terasa istimewa, hal ini dikarenakan saya baru pertama kali ditunjuk untuk menjadi pembina PMR dan harus membina kegiatan yang cukup besar ditingkat kabupaten. Walaupun demikian tugas ini tetap saya jalankan dengan baik untuk memenuhi target yang ingin kami capai.
Moh. Kanif, S.Ag selaku kepala madrasah mengucapkan selamat kepada kontingen MA YPI Klambu atas raihan prestasi yang didapat disela menyambut kepulangan kontingen jumbara MA YPI Klambu. “ Selamat atas hasil yang diraih, kalian sungguh luarbiasa. Dengan hasil yang diraih yakni Juara Umum Jumbara PMR tahun 2019 ini, jadikanlah sebagai semangat untuk terus berprestasi ditingkat apapun dan jangan pernah sombong atas hasil yang diraih ini”. Kanif menambahkan, Madrasah akan terus memberika dukungan dan dorongan untuk pengembangan potensi siswa-siswi MA YPI Klambu dalam kegiatan apapun demi kemajuan Madrasah.
Kegiatan Jumbara PMR Ke-VI kemudian ditutup pada hari kamis oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan yang diikuti oleh semua peserta kegiatan dan dilanjutkan pengumuman hasil kegiatan. (Penulis: Cindy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar